Rabu, 12 Juni 2013

Chart Daily atau Weekly?

Analisis teknikal selama ini dianggap cocok untuk pemain jangka pendek. Namun sebenarnya analisis teknikal itu cocok diterapkan untuk semua tipe pemain. Mau yang mempunyai horison jangka pendek, jangka menengah ataupun jangka panjang.

Untuk pemain dengan horison jangka menengah dan panjang, maka cocoknya adalah selain melihat chart daily, fokus utama adalah chart weekly ditambah dengan chart monthly.

Pada chart daily, oleh karena volatilitas harga harian, untuk menarik gari-garis trend line adalah lebih susah daripada chart weekly ataupun monthly. Kalau kita mengambil acuan dari chart weekly, maka bias harga dari chart daily akan berkurang banyak. View akan lebih mantap untuk meramalkan pergerakan harga ke depan. Kita akan gampang menarik garis tren. Akan lebih gampang menentukan major trend dan support dan resistance.

Untuk saya sendiri saya cenderung memakai chart weekly untuk menganalisis pergerakan harga. Jenis chart yang saya pakai adalah candle sticks yang mana lebih kuat menunjukkan adu kekuatan antara pembeli dan penjual, antara pemenang dengan pecundang dan antara pemain utama dengan pemain cadangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar