Senin, 14 Juli 2014

ROTI - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) secara tahunan sampai dengan Q1 2014 mencetak kinerja penjualan yang sangat baik. Sayangnya margin laba kotor yang lebih kecil menyebabkan laba kotor naik tidak sebesar penjualan. Ditambah oleh tekanan beban usaha yang meningkat pesat dan beban keuangan yang mulai membebani, alhasil laba bersih harus puas turun biarpun tidak terlalu banyak.

Secara kuartalan, baik penjualan maupun laba kotor meningkat dengan kecepatan yang hampir sama. Namun lagi-lagi tekanan pada beban usaha menyebabkan laba usaha menurun dan pada akhirnya laba bersih juga menurun. Kinerja dua kuartal terakhir jauh lebih bagus daripada rata-rata kinerja tahunan.

Secara tahunan pengeluaran kas untuk investasi masih sangat  besar. Aset tetap meningkat cukup tinggi. Perusahaan harus menambah hutang finansial untuk menutupi kebutuhan investasi tersebut sehingga beban keuangan harus mulai dirasakan cukup menggigit.

Naik besarnya aset tetap diharapkan dapat meningkatkan penjualan perusahaan secara jangka panjang dan memberikan laba bersih yang lebih besar.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar