Kamis, 15 Agustus 2013

Mengenal CAGR

CAGR (compounded annual growth rate) merupakan pertumbuhan rata-rata pertahun dalam konsep majemuk. Angka CAGR merupakan angka pertumbuhan rata-rata dalam jumlah yang tetap di antara periode perhitungan.

CAGR berbeda dengan angka rata-rata dengan perhitungan aritmatika biasa. Jika ingin menghitung angka rata-rata aritmatika biasa, maka mesti diketahui terlebih dahulu angka pertumbuhan setiap tahunnya baru kemudian semuanya dijumlahkan. Hasil dari akumulasi/penjumlahan tersebut dibagi dengan jumlah tahunnya.

Untuk CAGR tidak perlu diketahui angka-angka pertahunnya. Misalnya untuk mengetahui berapa pertumbuhan rata-rata penjualan perusahaan A dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2012 jika menggunakan rumus aritmatika biasa, maka perlu diketahui angka-angka pertumbuhan setiap tahun dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2012 atau selama 7 tahun. Sedangkan jika menghitung angka CAGR hanya perlu diketahui angka penjualan tahun 2005 dan 2012 saja.

Rumus CAGR :
\mathrm{CAGR}(t_0,t_n) = \left( {V(t_n)/V(t_0)} \right)^\frac{1}{t_n-t_0} - 1

 V(t_0) : nilai awal, V(t_n) : nilai terakhir, t_n - t_0 : jumlah tahun

Contoh:
Berikut ini adalah data penjualan dan laba bersih CPIN selama 7 tahun dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2012 berikut angka CAGR-nya.





Untuk memperoleh angka CAGR masing-masing adalah sbb:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar