Rabu, 14 Agustus 2013

Menjadi Long-Term Investor

Pernahkah Anda berpikir untuk merumuskan hasil investasi Anda tidak dalam hitungan per tahun?

Kenyataan yang selalu terpampang di depan kita adalah return selama setahun. Bunga deposito dihitung dalam setahun. ROE dihitung dari hasil setahun. EPS juga dihitung dari laba setahun. Sehingga PER juga dihitung atas dasar tahunan. Apakah "setahun" tersebut tidak bisa kita ubah menjadi misalnya dua tahun, tiga tahun atau lima tahun?

Dengan kategori sampai dengan hanya setahun, Anda digolongkan ke investor short term.

Menjadi seorang investor tulen ternyata tidak cukup jika hanya menyimpan saham selama satu tahun saja. Lihat Warren Buffet yang baru-baru menjual saham The Washington Post. Ternyata dia sudah mulai membeli saham tersebut sejak tahun 1973.

Jika Anda ingin meniru Warren Buffet, maka Anda harus menjadi investor long-term.

Jika view investasi lebih dari setahun, maka Anda tidak cukup mendalami laporan keuangan untuk periode satu tahun dan membandingkannya dengan laporan keuangan tahun lalu. Anda tentunya harus juga mendalami laporan tahun-tahun sebelumnya. Semakin banyak laporan yang Anda baca, maka semakin dalami pemahaman Anda terhadap perusahaan tersebut. Pemahaman yang mendalam akan memperluas view Anda lebih dari setahun terhadap perusahaan tersebut.

Warren Buffet (source: Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar