Sabtu, 24 Agustus 2013

Pilih Saham Kontraktor

Sektor manakah yang tidak begitu terpengaruh dengan kondisi makro buruk terkini? Salah satunya adalah sektor konstruksi khususnya untuk emiten BUMN.

Yang perlu menjadi concern adalah pada sektor ini kebanyakan emitennya juga mempunyai hutang bank dan obligasi yang bejibun dengan DER yang sangat tinggi. Jadi kenaikan suku bunga akan menambah beban bunga nantinya. Namun kenaikan bunga relatif dapat ditutupi dari kenaikan laba operasi karena perolehan kontrak yang semakin besar ke depan.
Kita lihat hanya dari target perolehan kontrak emiten-emiten tersebut rata-rata sangat tinggi tahun ini dan melebihi nilai penjualan pada tahun 2012.



Masing-masing emiten di atas mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau melihat ke laporan laba yang terakhir dan dibandingkan dengan PER terkini, maka pilihan dapat dijatuhkan ke  PTPP karena laba naik 122% dan PER terakhir apabila disetahunkan adalah 17,69x sehingga adalah yang paling murah.

Berikut perbandingannya:



Jika ditinjau dari PER terhadap target laba. Maka pilihan paling murah adalah ADHI.

Perbandingannya seperti di bawah ini.



Bagaimana jika menghitung dari kemungkinan laba 2013?

Keempat emiten di atas selalu mempunyai pendapatan sekaligus laba yang melesat di akhir tahun. Kita lihat data perbandingan porsi laba berikut ini:




Dengan mengambil angka porsi laba Ytd Q2 2012 dan dengan perkiraan angka konservatif dinaikkan masing-masing menjadi 10%, maka perkiraan laba akhir tahun masing-masing emiten menjadi seperti berikut ini:
   

Dengan melihat data di atas, maka saham paling murah saat ini adalah PTPP dan ADHI

Apakah proyeksi laba setahun penuh 2013 di atas terlalu optimis? Kita lihat perbandingan pertumbuhan laba 2013 berikut ini:


Bagaimana kalau dibandingkan dengan target labanya?




Tampaknya untuk PTPP terlalu optimistis?


Jadi kalau disimpulkan dari seluruh data di atas, pilihan paling baik saat ini adalah ADHI.
Namun ADHI rupanya mempunyai kejelekan dengan DER yang paling tinggi. Berikut perbandingan datanya:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar