Kamis, 26 Juni 2014

AUTO - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) mendulang kinerja pendapatan tahunan sampai dengan Q1 2014 yang meningkat cukup baik. Peningkatan pendapatan menyebabkan juga naiknya laba kotor. Sayangnya beban usaha yang meningkat dibarengi dengan penurunan bagian dari laba bersih entitas asosiasi serta pengendalian bersama entitas yang merosot menyebabkan laba usaha hanya naik tipis. Di sisi lain, pajak penghasilan yang lebih tinggi pada akhirnya menyebabkan laba bersih tergerus tipis.

Secara kuartalan pendapatan juga masih dapat meningkat. Sayangnya naiknya beban pokok yang lebih besar menyebabkan laba kotor menipis. Dan lagi-lagi turunnya bagian dari laba bersih entitas asosiasi serta pengendalian bersama entitas menyebabkan laba usaha terperosok. Pada akhirnya laba bersih juga ikut menurun.

Secara tahunan pengeluaran kas untuk investasi adalah cukup besar. Aset tetap meningkat setengah dari tahun sebelumnya. Mudah-mudahan investasi besar yang telah digelontorkan mampu meningkatkan pendapatan pada masa-masa yang akan datang. Selain itu investasi pada entitas asosiasi dan dalam pengendalian bersama dapat menghasilkan laba yang lebih besar.

Perusahaan tidak mempunyai hutang finansial yang besar sehingga beban keuangan tidak perlu dikuatirkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar