Minggu, 01 Juni 2014

INKP - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) mencetak kinerja tahunan sampai dengan Q1 2014 yang sangat baik. Pendapatan tercatat hanya naik tipis namun margin laba kotor yang menebal menyebabkan laba bersih murni meningkat signifikan.

Secara kuartalan pendapatan menurun tipis, namun perbaikan pada margin laba kotor menyebabkan laba kotor meningkat. Selain itu efisiensi pada beban usaha juga menebalkan laba usaha. Turunnya laba bersih murni pada sisi bawah disebabkan oleh penyesuaian yang besar atas manfaat pajak penghasilan pada akhir tahun 2013.

Rasio DER perusahaan masih cukup tinggi dengan hutang finansial yang tinggi. Secara tahunan belum ada penurunan hutang finansial yang berarti. Namun dengan membaiknya kinerja diharapkan ke depannya hutang finansial dapat diturunkan agar beban finansial dapat menurun. Beban finansial merupakan beban yang berpengaruh signifikan terhadap laba perusahaan. Biarpun hutang finansial tidak meningkat, namun secara tahunan beban finansial masih meningkat cukup signifikan.

Valuasi harga saham INKP berdasarkan data terakhir (30/5/14) di angka Rp 1.395 terlihat masih cukup murah. Namun mungkin ini disebabkan oleh masih rendahnya rasio ROE dan juga tingginya rasio DER yang menyebabkan profil perusahaan yang relatif lebih berisiko tinggi. Selain itu prospek pertumbuhan terlihat tidak begitu menjanjikan terlihat dari rendahnya pertumbuhan pendapatan. Pengeluaran kas untuk investasi juga tidak cukup besar.

Perbaikan rasio GPM diharapkan ke depannya kinerja dapat meningkat lagi. Manfaat pajak penghasilan yang diterima oleh perusahaan juga perlu diperhatikan. Dalam jangka panjang tentunya bukan manfaat pajak yang akan diterima tetapi beban pajak kalau perusahaan dapat terus-menerus mencetak laba sebelum pajak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar