Jumat, 06 Juni 2014

TBLA - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA) mencatat kinerja tahunan sampai dengan Q1 2014 yang cukup moderat.  Secara kuartalan kinerja pendapatan menurun dan begitu juga dengan laba kotor yang menurun tipis. Namun efisien pada beban usaha mampu melambungkan laba usaha. Ditambah dengan rasio pajak penghasilan yang lebih rendah, laba bersih perusahaan naik cukup signifikan.

Secara tahunan rasio GPM stagnan dan secara kuartalan tampil lebih baik.

Perusahaan secara tahunan cukup agresif dalam melakukan ekspansi. Ekspansi yang cukup besar adalah pada penambahan aset tetap dan tanaman belum menghasilkan. Untuk tanaman menghasilkan penambahan saldo masih tergolong kecil. Kecilnya penambahan pada tanaman menghasilkan akan berimbas pada produksi sendiri yang tetap rendah. Untuk memenuhi kebutuhan produksi minyak sawit dan turunannya serta produksi tanaman lainnya, tampaknya perusahaan akan terus menambah pembelian bahan baku dari pihak lain.

Ekspansi besar yang dilakukan membutuhkan pendanaan eksternal sehingga hutang finansial naik cukup signikan. Begitu juga dengan beban keuangan. Beban keuangan menjadi beban yang semakin berpengaruh signifikan terhadap laba bersih perusahaan. Rasio DER perusahaan adalah cukup tinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar