Minggu, 01 Juni 2014

LPPF - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) mengukir kinerja tahunan sampai dengan Q1 2014 yang sangat baik. Naiknya nilai pendapatan dibarengi dengan pengurangan pada beban keuangan melambungkan laba bersih perusahaan. Selain itu pajak penghasilan yang lebih kecil juga banyak mendorong kenaikan laba bersih.

Kinerja pada Q1 2014 dibandingkan dengan Q4 2013 memang memburuk namun lebih dikarenakan faktor musiman. Jika dibandingkan dengan kinerja pada Q1 2013, masih terjadi pertumbuhan pendapatan dan laba bersih yang sangat baik.

Perusahaan sampai dengan laporan posisi keuangan yang terakhir masih mencatatkan nilai ekuitas bersih yang negatif. Pada akhir tahun ini kemungkinan besar nilai ekuitas tersebut sudah akan positif.

Secara tahunan hutang finansial tercatat mengalami penurunan sehingga beban keuangan juga menurun signifikan. 

Tidak terlihat adanya ekspansi besar pada pengeluran investasi perusahaan, namun untungnya perusahaan tetap dapat meningkatkan penjualannya.

Pada harga terakhir (30/5/14) sebesar Rp 14.525, rasio PER tahunan masih terlihat cukup tinggi namun dibandingkan dengan MPPA adalah masih jauh lebih. rendah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar