Selasa, 03 Juni 2014

MLPL - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Multipolar Tbk (MLPL) mengukir kinerja tahunan sampai dengan Q1 2014 yang sangat memuaskan. Pendapatan dapat ditingkatkan dengan cukup baik dan laba usaha meningkat signifikan. Kenaikan dari bagian atas laba bersih entitas asosiasi juga banyak mendorong kenaikan laba bersih.

Secara kuartalan kinerja pendapatan tidak memuaskan yang berujung pada buruknya kinerja laba bersih. Namun ini karena faktor musiman saja.

MLPL sendiri merupakan perusahaan yang cukup rumit dengan banyak anak perusahaan dan turunannya. Untuk menilai dari sisi valuasi PER tampaknya masih agak relatif kurang cocok berhubung kinerja yang sangat baik baru dicetak pada setahun belakangan. MLPL masih harus membuktikan kinerjanya pada beberapa tahun lagi.

Tampaknya valuasi dengan metode PBV lebih cocok diterapkan berhubung perusahaan ini sebenarnya merupakan holding dari banyak perusahaan di antara nya yang paling besar adalah MPPA dan LPPF.

MLPL memegang saham MPPA sebanyak 50,2308% dan saham LPPF sebanyak 20,4779%. Dengan membandingkan kepemilikan MLPL tersebut, berdasarkan data terakhir (3/6/14) maka kepemilikan MLPL mewakili kapitalisasi sebesar Rp 17,191 triliun yang setara dengan harga MLPL sebesar Rp 1.708/lembar.

Jika dilihat dari rasio PBV, maka dengan harga Rp 810 saat ini, PBV-nya adalah sebesar 1,15. Tentunya masih terbilang murah.

MLPL sendiri merupakan saham lawas yang dulunya banyak membuat aksi yang merugikan investor publik. Mulai tahun 2013 didahului dengan berbagai aksi korporasi saham ini mulai bangkit dari tidur panjangnya. Apakah groupnya ingin menghapus dosa masa lalu? Mudah-mudahan memang demikian. Jika menilik dari perkembangan saham MPPA maupun LPPF akhir-akhir ini, tampaknya ada upaya untuk meningkatkan kapitalisasi group.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar