Jumat, 27 Juni 2014

INVS - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


Hal yang mencolok dari kinerja laporan keuangan PT Inovisi Infracom Tbk (INVS) Q1 2014 adalah besarnya bagian laba entitas asosiasi yang mencapai 50% dari seluruh laba bersih tahunan yang disesuaikan. Jika dihitung per kuartal, maka laba tersebut adalah mencapai 70% dari laba bersih yang disesuaikan. (Laba bersih disesuaikan tanpa memperhitungkan faktor pajak penghasilan)

Kinerja pendapatan dan laba bersih secara tahunan adalah sangat memuaskan. Secara kuartalan kinerja pendapatan sedikit menyusut namun laba kotor masih meningkat karena lebih tingginya margin laba kotor.

Investasi yang dilakukan selama setahun terakhir terhitung sangat pesat karena nilai aset tetap naik hampir berlipat.

Naiknya bagian laba bersih pada perusahaan asosiasi turut menaikkan saldo investasi saham perusahaan. Kalau melihat ke bagian laba tersebut pada kuartal-kuartal sebelumnya maka bagian laba bersih tersebut adalah sangat besar. Laba tersebut kemungkinan tidak berulang secara kuartalan.

Perusahaan sampai dengan laporan terakhir tidak mempunyai beban pajak penghasilan yang signifikan.

Hutang perusahaan relatif rendah dengan beban keuangan yang juga tidak terlalu signifikan mempengaruhi laba perusahaan.

Sampai dengan data terakhir, masih terdapat jumlah waran INVS sebanyak 1.700.057.881 lembar dengan harga tebus sebesar Rp 165. Perhitungan berikut belum memasukkan jumlah waran tersebut.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar