Sabtu, 14 Juni 2014

BWPT - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT BW Plantantion Tbk sampai dengan Q1 2014 mencatat kenaikan nilai pendapatan. Begitu juga dengan laba kotor yang meningkat dengan baik. Sayangnya tekanan pada beban usaha menyebabkan laba usaha tumbuh tidak maksimal.

Secara kuartalan pendapatan nyaris tidak berubah. Selain itu margin juga menurun sehingga laba kotor turut terkikis. Untunglah beban usaha dapat ditekan sehingga laba usaha justru dapat meningkat. Namun beban keuangan menggerus kembali laba usaha sehingga laba sebelum pajak menjadi stagnan.

Lebih rendahnya rasio pajak penghasilan pada akhirnya menyebabkan laba besih meningkat. Rasio pajak penghasilan pada kuartal sebelumnya adalah terlalu tinggi.

Pada sisi neraca, saldo tanaman menghasilkan tumbuh hampir berlipat daripada tahun yang lalu. Ini tentunya menjadi tampilan terbaik dari seluruh tampilan neraca perusahaan. Naiknya nilai tanaman menghasilkan diharapkan berkorelasi positif dengan produksi TBS pada periode-periode selanjutnya.

Perusahaan sendiri tetap bersemangat dalam melakukan ekspansi usaha. Pengeluaran kas untuk investasi adalah tetap tinggi. Untuk menutupi kekurangan dana dari ekspansi tersebut maka perusahaan banyak menambah hutang finansial sehingga hutang finansial meningkat. Namun secara tahunan beban keuangan masih dapat dikendalikan sehingga belum meningkat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar