Minggu, 16 Maret 2014

Perbandingan Rasio PEG Saham Bank

Mengenai rasio PEG sudah ditulis pada artikel sebelumnya di sini.

Berikut ini adalah tabel perbandingan rasio PEG saham-saham perbankan:


Jika mengacu pada rasio PEG2 yang menggunakan dasar pertumbuhan rata-rata sebesar 18,37%, maka beberapa saham masih cukup aman untuk dibeli karena mempunyai margin of safety yang masih tinggi, yaitu BBTN dan BJBR. Sedangkan BBCA terlihat sudah mewakili harga wajarnya.

Jika ingin memilih antara BMRI atau BBRI, tampaknya pilihan kita akan jatuh kepada BBRI karena rasio PEG2 yang lebih rendah.

Jika mengacu pada asumsi pertumbuhan rata-rata konservatif sebesar 15% per tahun, maka pilihan juga dijatuhkan kepada BBTN dan BJBR dengan tingkat PEG3 yang paling rendah.

Jika mengacu pada pertumbuhan masing-masing pada tahun 2013, maka pilihan akan jatuh kepada BBNI yang mempunyai rasio PEG hanya 0,37.

Untuk memperoleh kesimpulan yang lebih baik, tentunya kita dapat mengkombinasikannya dengan rasio PBV masing-masing.

Dari rasio rata-rata PEG2 saham-saham tersebut di atas dengan mengacu pada pertumbuhan rata-rata sebesar 18,37%, maka kelihatannya saham-saham pemimpin pasar (BBRI, BMRI, BBNI) masih menyediakan ruang yang cukup untuk naik masing-masing sebesar 10%-15% untuk mendekati rasio PEG sebesar kira-kira 0,70 sampai dengan 0,80.

Kembali ke kesimpulan artikel lama seperti tersebut di atas, maka rasio PER wajar adalah = angka pertumbuhan EPS (laba) dikali 100.

1 komentar: