Minggu, 08 September 2013

Pembelian TBS oleh Emiten Perkebunan

Berikut ini adalah data perbandingan jumlah volume TBS/FFB yang diproses untuk menghasilkan CPO dan Kernel emiten AALI, LSIP dan BWPT periode semester 1 2013.


Dari data di atas terlihat AALI paling banyak melakukan pembelian TBS dari pihak luar (plasma dan lainnya). Pada tahun 2013 volume produksi CPO AALI meningkat dikarenakan adanya peningkatan dari pembelian TBS dari pihak luar walaupun volume produksi TBS sendiri turun sebesar 2,2%.

Oleh karena rasio pembelian dari pihak luar AALI lebih tinggi daripada LSIP dan BWPT, otomatis AALI tidak akan menikmati secara penuh rezeki kenaikan harga CPO belakangan karena otomatis harga pembelian TBS juga akan naik mengikuti kenaikan harga CPO dengan persentase naik sesuai dengan rumus perhitungan tertentu. Dan rupanya BWPT yang paling akan menikmati kenaikan harga saat ini karena rasio pembelian dari pihak luarnya paling kecil.

Lihat kembali tulisan mengenai Perbandingan Laba Per Hektar.

Meningkatnya rasio pembelian dari pihak luar AALI selain disebabkan oleh turunnya produksi TBS sendiri juga dapat disebabkan oleh naiknya kapasitas produksi PKS (pabrik kelapa sawit) AALI. Manajemen terlihat bekerja dengan sangat baik untuk meningkatkan produksi CPO.

LSIP sendiri kelihatan manajemennya tidak memanfaatkan secara penuh kapasitas produksi yang ada karena selain produksi TBS sendiri yang turun, pembelian dari pihak luar juga turun banyak sehingga produksi CPO-nya turun sebesar hampir 15% padahal produksi CPO AALI dan BWPT masing-masing meningkat sebesar 10,64% dan 10,18%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar