Senin, 16 September 2013

Selisih Relatif Harga Saham Kontraktor vs IHSG

Kalau Anda adalah trader yang terus berada di market beberapa waktu belakangan ini, maka Anda akan bingung dengan penampilan saham-saham kontraktor BUMN yang tidak seragam lagi.

Ada yang naik cukup banyak dan ada yang malah sangat susah naiknya. Ya, yang paling susah naik itu adalah ADHI. Seberapa besar perbedaan naik turun di antara saham-saham kontraktor?

Berikut ini adalah grafik dan tabel perbedaan selisih harga relatif terkini antara saham-saham kontraktor dengan IHSG.


Terlihat PTPP paling mengesankan penampilannya belakangan ini. Sedangkan yang paling buruk penampilannya adalah TOTL.

Namun apabila kita bandingkan dengan penampilan rata-rata sebelumnya, maka saham TOTL bukanlah yang paling banyak terjadi perlambatan, tetapi saham ADHI.

Berikut ini grafik dan tabel perbedaan penampilan saham-saham kontraktor dibandingkan dengan rata-rata selisihnya sepanjang tahun ini.


Terdapat perbedaan yang sangat mencok pada ADHI bukan? Jika prospek fundamental yang bakal dihadapi adalah sama, maka ADHI sebenarnya  tidak ada alasan untuk begitu tertinggal dibandingkan dengan saham yang lainnya.

Berikut ini grafik perbandingan antara indeks IHSG vs PTPP dan ADHI agar diperoleh gambaran yang lebih jelas lagi. Seluruh indeks dimulai dari angka 100 pada awal tahun.


ADHI kelihatannya baru mulai mengalahkan IHSG lagi. Apakah ADHI akan mengejar ketertinggalannya dengan PTPP? Kita lihat saja perkembangannya. Kalau melihat ke penampilan sepanjang tahun ini, mestinya ADHI sanggup mengejar PTPP.

Sepanjang tahun rata-rata kemenangan ADHI terharap IHSG adalah 41,7% sedangkan PTPP 33,9%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar