Minggu, 22 September 2013

Selisih Relatif Harga Saham LQ45 vs IHSG

Berikut ini adalah daftar saham LQ45 "penakluk" IHSG dengan nilai selisih relatif positif terkini yang dihitung dari data 100 hari terakhir sampai dengan 20/09/13.


Berikut ini adalah daftar saham LQ45 yang "dipecundangi" IHSG dengan nilai selisih relatif negatif.


Selisih nilai relatif sengaja diambil 100 hari bursa terakhir dengan pertimbangan kalau sejak awal tahun rentang data terlalu panjang. Angka 100 hari dianggap mewakili situasi terkini. Harga-harga saham selama 100 hari juga dianggap masih diingat oleh sebagian besar trader dan investor.

Angka selisih relatif yang positif menunjukkan tingkat kekuatan saham yang melebihi pasar (IHSG) sedangkan yang negatif adalah saham-saham yang tertinggal.

Selisih relatif yang terlalu tinggi juga menunjukkan tingkat "overbought" dan sebaliknya menunjukkan tingkat "oversold".

Tingkat overbought dan oversold juga mesti dibandingkan dengan nilai rata-ratanya. Jika misalnya rata-rata adalah +20% dan yang terkini adalah +30%, maka dapat dianggap sudah overbought. Jika rata-rata -20% dan terkini -5% bisa jadi juga dianggap sebagai overbought. Atau nilai terkini adalah yang paling tinggi selama 100 hari, maka dapat dianggap overbought, begitu juga sebaliknya.

Lebih mudah untuk membandingkan tingkat overbought dan oversold adalah dengan melihat chart selisih relatifnya selama 100 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar