Senin, 16 September 2013

Selisih Relatif Harga Saham Big Cap vs IHSG

Membandingkan tingkat "selisih" harga antara saham-saham yang tercatat di BEI dengan IHSG akan menjadi gampang jika kita membuat indeks tersendiri atas saham itu dan IHSG.

Setelah mendapatkan indeks masing-masing pada periode tertentu, maka akan menjadi mudah untuk membandingkan selisih relatif antara saham-saham tersebut dengan IHSG.

Berikut ini adalah tabel rata-rata selisih antara indeks harga 20 saham big cap dengan indeks IHSG sejak awal tahun 2013 dengan patokan angka 100 pada awal tahun dibandingkan dengan selisih terkini (16/09/2013)

Angka plus pada kolom 1 tabel di atas menunjukkan bahwa saham tersebut "menundukkan" IHSG sepanjang penampilannya tahun ini begitu juga sebaliknya.
 
Berikut ini adalah grafik selisih terkini vs rata-rata selisihnya sepanjang tahun 2013.


Angka yang minus pada grafik di atas menunjukkan tingkat "ketertinggalannya" dibandingkan dengan perbedaan rata-ratanya. Begitu juga sebaliknya, angka plus menunjukkan tingkat "akselerasinya" dibandingkan dengan perbedaan rata-ratanya.

Sekarang pilihannya adalah apakah memilih saham yang paling jago berlari, paling lambat berlari, atau yang baru mulai mau berlari kencang?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar