Senin, 08 Juli 2013

BEI Kerja Lebih Santai Dibandingkan Bursa Lain



Sewaktu menganalisis tingkat korelasi antara BEI dengan bursa regional dan dunia lainnya saya terusik dengan jumlah data indeks BEI yang lebih sedikit dibandingkan dengan data indeks bursa dunia lainnya. Artinya hari trading di BEI lebih sedikit dibandingkan dengan bursa lainnya.

Selama tahun 2012 jumlah hari trading BEI dibandingkan dengan bursa dunia lainnya adalah seperti berikut ini:

BEI 244 (informasi resmi dari BEI 246), bursa Singapura 253, bursa Hong Kong 251, bursa New York 250.

Selain banyaknya hari libur keagamaan, terdapat 5 hari yang merupakan hari cuti bersama. Selain itu libur bursa tersendiri tercatat 1 hari pada tanggal 31 Desember 2012.

Kita berharap setelah nanti OJK membawahi BI secara penuh, maka hari trading di BEI akan lebih banyak lagi daripada biasanya karena kelihatannya jika BI libur maka BEI juga akan ikut libur. Padahal kalau kita bandingkan dengan bursa dunia lainnya, tanggal 31 Desember pun masih merupakan hari trading. Contoh yang jelas adalah bursa Singapura, Hong Kong dan New York.

Belum lagi apabila kita bandingkan dengan jam trading harian. Apakah jam trading di BEI lebih panjang daripada jam trading bursa lainnya? Bursa Singapura dan New York ternyata jam tradingnya tidak ada jam istirahatnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar