Selasa, 09 Juli 2013

Keajaiban Pasar Saham

Mungkin banyak yang belum menyadari kalau pasar saham/bursa efek sebenarnya adalah mesin pengganda kekayaan yang paling canggih yang pernah diciptakan oleh manusia.

Ternyata terdapat 35 buah saham yang telah mampu memberikan return rata-rata di atas 100%/tahun sejak dimulainya pencatatan saham tersebut di bursa.

Berikut ini daftar 35 saham tersebut (daftar hanya memasukkan saham yang telah listing paling sedikit selama 10 tahun). Harga berdasarkan harga pada penutupan Semester I 2013.

Selain return harga saham (capital gain) investor juga bisa mencicipi dividen yang dibagikan. Investor tentunya perlu mencermati apa yang menyebabkan sebuah saham dapat memberikan return yang spektakuler.

Perlu dicatat bahwa return di atas dihitung secara rata-rata per tahunnya, bukan merupakan return bunga berbunga/bunga majemuk. Return bunga majemuknya masih harus dihitung kembali jika ingin mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

Selain mesin pengganda kekayaan, pasar saham juga merupakan mesin penghancur kekayaan yang tidak kenal ampun. Ternyata masih banyak saham yang memberikan return negatif lebih dari 90% sejak dari IPO hingga kini.



Daftar di atas belum memasukkan saham pencetak kerugian 100% (lenyap) akibat emiten tersebut musnah. Ternyata dalam sejarahnya ada emiten yang benar-benar lenyap sehingga lenyap juga saham emiten  tersebut. Contohnya adalah bank-bank publik yang dilikuidasi akibat krismon 1997.

Semakin besar Anda mengalami kerugian, maka semakin susah buat Anda untuk mengembalikan kerugian tersebut. Kerugian 50% harus dikembalikan dengan keuntungan 100%. 

Kalau rugi 99%? Kalau rugi 99% berarti sisa modal Anda adalah 1%.  Untuk mencapai modal Anda kembali maka diperlukan kenaikan sebesar 99/1 alias 9900%. Dalam 20 tahun, maka return rata-rata yang harus dicetak adalah 495%.

Untungnya hasil dari pasar saham dalam sejarahnya ternyata masih merupakan mesin pengganda kekayaan yang paling baik. Buktinya IHSG sudah di level 4400 pada penutupan hari ini.

Jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih saham yang terbaik melalui analisis fundamental dan diperbesar dengan melakukan analisis teknikal. Lakukan juga diversfikasi dan juga manajemen uang yang baik. Sebenarnya dapat dipastikan dalam jangka panjang kekayan Anda akan berlipat ganda. Namun semuanya tentu ada masa gelombang naik dan gelombang turunnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar