Minggu, 07 Juli 2013

Korelasi BEI Dengan Bursa Hongkong dan Singapura

Angka tingkat korelasi (koefisien korelasi) dapat dibaca sebagai angka yang menunjukkan sejauh mana tingkat hubungan dan ketergantungan antara dua buah variabel.

Koefisen korelasi antara 0 sampai dengan + 1 dapat diterjemahkan sebagai berikut ini:
    • 0 : Tidak ada korelasi antara dua variabel
    • >0 – 0,25: Korelasi sangat lemah
    • >0,25 – 0,5: Korelasi cukup
    • >0,5 – 0,75: Korelasi  kuat
    • >0,75 – 0,99: Korelasi  sangat kuat
    • 1: Korelasi sempurna

Dalam konteks angka indeks bursa saham, maka korelasi diartikan sebagai tingkat hubungan antara perubahan indeks bursa yang satu dengan bursa lainnya.

Jika angka korelasi adalah 1, maka tingkat hubungannya adalah  sempurna. Artinya setiap perubahan pada satu bursa akan hampir dapat dipastikan akan menyebabkan perubahan yang sama pada bursa lainnya. Bila bursa A naik, maka bursa B juga akan naik.

Berapakah tingkat korelasi antara BEI yang diwakili oleh IHSG dengan bursa Hong Kong yang diwakili oleh indeks Hang Seng dan bursa Singapura yang diwakili oleh indeks STI?

Dari data Yahoo Finance antara tahun 2012 sampai dengan akhir Juni 2013  yang saya olah kembali untuk mencocokkan hari libur dengan BEI, maka tingkat korelasi antara BEI dengan bursa Hongkong adalah +0,91 dan dengan bursa Singapura adalah +0,72.

Artinya IHSG mempunyai tingkat korelasi yang sangat kuat dengan bursa Hong Kong dan hanya mempunyai korelasi yang kuat dengan bursa Singapura.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar