Senin, 26 Mei 2014

AISA - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014



PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) mencetak kinerja tahunan yang sangat baik. Secara kuartalan kinerja pendapatan memang naik, namun margin kotor yang lebih rendah menyebabkan pada sisi  bawah, laba murni turun sedikit dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Secara tahunan margin laba kotor turun sedikit, namun kencangnya kenaikan pendapatan menghasilkan laba kotor yang naik tinggi. Secara kuartalan margin laba kotor juga menurun dan kenaikan pendapatan tidak mampu menutupi kenaikan beban pokok yag lebih besar.

Rasio pajak penghasilan secara kuartalan terlihat juga lebih kecil daripada kuartal sebelumnya. Secara tahunan rasio pajak penghasilan adalah berada pada angka 23% berbanding 22% sedangkan pada Q1 2014 rasionya cuma 18%.

Secara kuartalan juga terdapat kenaikan yang signifikan dari kepentingan non-pengendali.

Neraca perusahaan terlihat relatif sehat. Rasio DER masih mendekati rasio normal di angka lebih tinggi sedikit daripada 100%. Aset lancar berbanding liablitias lancar (current ratio) juga masih tinggi.


Besarnya ekspansi yang dilakukan secara tahunan menyebabkan juga hutang finansial menggelembung sehingga akibatnya adalah beban keuangan juga melesat. Beban keuangan menjadi beban yang berpengaruh signifikan terhadap laba bersih perusahaan.

Perusahaan terlihat masih saja terus-menerus melakukan ekspansi yang terlihat dari kenaikan saldo aset tetap, tanaman perkebunan dan persediaan baik secara tahunan maupun kuartalan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar