Sabtu, 17 Mei 2014

MPMX - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) mencetak kinerja kuartalan pada Q1 2014 yang lebih baik dibandingkan dengan Q4 2013. (Oleh karena data yang tersedia belum lengkap, maka perbandingan secara tahunan tidak dapat dilakukan)

Rasio GPM maupun rasio NPM masih meningkat. 

Aset tetap perusahaan secara kuartalan juga masih meningkat. Selain itu piutang pembiayaan konsumen juga masih meningkat. Hal ini tentunya baik karena memberikan indikasi paling  tidak pendapatan yang diperoleh dapat bertahan.

Rasio hutang perusahaan terlihat cukup tinggi, namun ini lebih disebabkan karena perusahaan juga bergerak di sektor pembiayaan yang membutuhkan dana yang besar.

Hutang finansial perusahaan secara kuartalan terlihat meningkat lebih tinggi daripada peningkatan piutang pembiayaan konsumennya. Namun beban keuangan secara kuartalan dapat ditekan lebih rendah.

Perusahaan tergolong ekspansif dalam berusaha terlihat dari pengeluaran kas untuk investasi yang cukup besar secara tahunan. Jika dibandingkan dengan aset tidak lancar, maka rasionya terlihat cukup tinggi.

Pada harga terakhir sebesar Rp 1.290 (15/5/14), valuasi harga saham perusahaan terlihat masih relatif rendah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar