Selasa, 20 Mei 2014

ASRI - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) menorehkan kinerja pendapatan tahunan sampai dengan Q1 2014 yang sangat baik. Namun sayangnya belum mampu untuk meningkatkan laba bersihnya disebabkan oleh naiknya beban pokok, beban usaha dan juga beban keuangan.

Secara kuartalan sudah ada perbaikan kinerja laba bersih maupun pendapatan, namun jumlah laba bersih masih cukup kecil.

Selain itu, turunnya penerimaan kas dari pelanggan secara kuartalan yang drastis memberikan indikasi yang tidak bagus bagi perbaikan kinerja pada periode-periode yang akan datang.

Rasio GPM secara tahunan menurun cukup dalam. Secara kuartalan rasio GPM juga masih menurun walaupun masih lebih tinggi daripada rasio tahunan.
 
Secara tahunan hutang finansial membengkak cukup tinggi dan secara kuartalan masih juga meningkat. Secara tahunan beban keuangan masih berhasil ditekan dan sampai dengan laporan terakhir beban keuangan masih belum begitu dominan. Namun beban keuangan secara kuartalan telah menjadi beban yang dominan. Manajemen tampaknya harus lebih cermat dalam mengelola hutang agar beban keuangan dapat ditekan. 

Perusahaan terbilang agresif dalam menambah aset investasinya. Persediaan tidak lancar secara tahunan meningkat cukup signifikan. Selain itu properti investasi juga meningkat tajam. Tanah untuk pengembangan juga meningkat tinggi. Peningkatan-peningkatan ini membawa konsekuensi pada peningkatan hutang finansial karena kas yang masuk masih belum mencukupi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar