Senin, 19 Mei 2014

JSMR - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) sampai dengan Q1 2014 mencetak kinerja tahunan yang tidak memuaskan karena terjadi penurunan laba. Kinerja pendapatan kuartalan juga mengalami penurunan namun laba berhasil naik disebabkan lebih rendahnya beban-beban usaha.

Rasio OPM secara tahunan mengalami penurunan namun secara kuartalan telah mencapai tingkat yang cukup baik walaupun belum optimal.

Posisi keuangan perusahaan tergolong ketat karena besarnya hutang finansial. Rasio aset lancar terhadap liabilitas lancar tergolong tidak memadai.

Beban keuangan secara tahunan mengalami kenaikan walaupun tidak terlalu besar. Namun beban keuangan merupakan beban yang signifikan berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan sehingga setiap kenaikannya tanpa dibarengi dengan kenaikan laba usaha akan menjadi faktor pemberat  kenaikan laba bersih.

Pengeluaran kas untuk investasi tercatat cukup besar. Aset tidak berwujud berupa hak pengelolaan jalan tol secara tahuna meningkat cukup tinggi. Kenaikan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Pada harga terakhir (19/5/14) valuasi harga saham perusahaan tidak dapat dibilang murah lagi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar