Jumat, 16 Mei 2014

CSAP - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014



PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) mengukir kinerja tahunan sampai dengan Q1 2014 yang sangat memuaskan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sayangnya kinerja kuartalan pada Q1 2014 dibandingkan dengan Q4 2013 mengalami kemunduran. Diharapkan saja kemunduran tersebut hanya bersifat musiman dan dapat ditingkatkan pada periode selanjutnya.

Perusahaan termasuk cukup ekspansif dalam menjalankan usahanya. Pengeluaran kas untuk investasi walaupun menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya namun masih cukup besar. Aset tetap juga meningkat lumayan. Selain itu nilai persediaan juga meningkat terus-menerus yang mengindikasi perluasan ruang penjualan dan penyimpanan perusahaan.

Akibat dari nafsu ekspansi yang lumayan tinggi, arus kas operasi secara tahunan masih mencatatkan nilai negatif. Di sini lain peningkatan investasi aset tetap juga menguras banyak dana. Alhasil, hutang finansial harus naik dan beban keuangan turut membengkak. Beban keuangan merupakan beban yang sangat berpengaruh terhadap laba perusahaan.

Tidak terlihat adanya kemunduran dari rasio GPM baik secara tahunan maupun kuartalan. Namun sayangnya rasio NPM adalah cukup rendah.

Diharapkan tidak berapa lagi perusahaan benar-benar akan menuai laba maksimal dari pengorbanannya selama ini. Beban keuangan diharapkan dapat dikurangi agar laba bersih dapat meningkat.

Neraca terlihat cukup ketat karena rasio DER adalah cukup tinggi. Rasio likuiditas juga cukup ketat namun masih dalam batas mencukupi.

Valuasi harga saham terkini (14/5/14) terlihat relatif masih rendah dibandingkan dengan perusahaan retail lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar