Rabu, 28 Mei 2014

TAXI - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) membukukan kinerja tahunan sampai dengan Q1 2014 yang membanggakan. Namun sayangnya kinerja kuartalan belum memperlihatkan perkembangan yang menggembirakan. Perusahaan tampaknya mengalami tantangan dalam menumbuhkan pendapatannya karena telah dua kuartal pertumbuhan pendapatan sangat minim.

Margin laba kotor secara tahunan masih dapat dijaga dengan baik. Secara kuartalan pun margin sebenarnya masih cukup tinggi.

Aset tetap secara tahunan masih naik lumayan tinggi namun secara kuartalan saldonya mulai menurun.

Hutang finansial perusahaan memang terlihat tinggi namun masih terkendali. Besarnya hutang finansialnya tentunya disebabkan juga oleh sifat dari sektor yang digeluti perusahaan.

Beban bunga merupakan beban yang berpengaruh signifikan terhadap laba bersih perusahaan sehingga harus menjadi perhatian besar manajemen.

Pertumbuhan pendapatan yang mulai melambat menjurus stagnan dan juga rasio pengembalian modal (ROE) yang minim serta valuasi harga terakhir (28/5/14) di Rp 1.320 yang relatif masih cukup tinggi menyebabkan saham ini untuk sementara tidak begitu menarik sebagai sarana investasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar