Rabu, 29 Oktober 2014

ASGR - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014

Analisis Laporan Keuangan PT Astra Graphia Tbk (ASGR) Q3 2014

Tahunan (TTM)

Pendapatan tidak mengalami banyak perubahan. Di sisi beban pokok, beban berkurang sebesar 3% sehingga laba kotor meningkat sebesar 6%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, pendapatan keuangan, keuntungan penjualan investasi, dan lain-lain menyusut sebesar 9%  sehingga laba sebelum pajak tumbuh sebesar 27%.

Laba bersih kemudian mengembang sebesar 30%  dikarenakan beban pajak penghasilan yang meningkat sebesar 19%.

Perusahaan mendulang keuntungan besar dari penjualan investasi pada periode ini. Jika keuntungan tersebut dikeluarkan dari perhitungan laba bersih, maka laba bersih akan meningkat sebesar 13%.

Rasio GPM meningkat menjadi 30,37% dari 28,66%.

Saldo aset tetap meningkat sebesar 7%. Peningkatan tersebut diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Perusahaan mencatatkan pendapatan keuangan secara neto.

Kuartalan

Pendapatan meningkat tipis sebesar 1%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 2% sehingga laba kotor meningkat sebesar 1%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, pendapatan keuangan, keuntungan penjualan investasi, dan lain-lain meningkat sebesar 20%  sehingga laba sebelum pajak tergerus sebesar 12%.

Laba bersih kemudian terpangkas sebesar 15%  dikarenakan beban pajak penghasilan yang meningkat sebesar 2%.

Perusahaan mendulang keuntungan besar dari penjualan investasi pada periode sebelumnya. Jika keuntungan tersebut dikeluarkan dari perhitungan laba bersih, maka laba bersih akan meningkat sebesar 44%.

Rasio GPM meningkat menjadi 33,47% dari 33,62%.  Perusahaan tampaknya cukup mampu menjaga profitabilitas dan juga mampu mengefisienkan beban-bebannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar