Jumat, 10 Oktober 2014

Seberapa Hebat Kemampuan Trading Anda?




Menjadi seorang trader sebenarnya lebih sulit daripada menjadi seorang investor dalam pasar saham.

Selama setahun terakhir dari 10 Oktober 2013 sampai dengan 10 Oktober 2014, IHSG mencatat 136 hari naik dan 104 hari turun  dengan jumlah hari trading sebanyak 240 hari. Jika diakumulasikan jumlah  persentase naik dari setiap hari yang naik, maka akan bernilai +126% (dibulatkan) dan yang turun sebesar -116% (dibulatkan) dengan total +9% (dibulatkan).

Jika Anda seorang investor yang membeli "IHSG" pada tanggal 10 Oktober 2013 dan masih memegangnya sampai dengan 10 Oktober 2014, maka Anda sudah memperoleh keuntungan sebesar 9%. Angka yang  tidak terlalu besar bukan?

Hasil 9% tersebut tentunya memang tidak besar (lebih baik simpan deposito tanpa risiko bisa 11% kan?) sehingga kebanyakan orang ingin menjadi trader untuk memaksimalkan keuntungan yang  didapat. Ingin memanfaatkan gelombang-gelombang naik turun pasar agar memperoleh laba yang tinggi. Caranya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan melakukan beli-jual beli-jual.

Namun, jika kemampuan  Anda hanya rata-rata dalam trading, alias 50% betul dan 50% salah (trading ini kadang-kadang lebih mirip menebak koin), maka sebaiknya Anda berpikir ulang untuk menjadi seorang trader “IHSG”.  Selain itu, semakin sering Anda trading, maka semakin besar biaya-biaya trading yang Anda keluarkan.

Kembali ke angka 126% tadi, jika Anda seorang mahadewa trader yang 100% betul, maka setahun ini Anda akan untung sebesar 126% jika Anda hanya membeli “IHSG”  (tanpa memperhitungkan biaya-biaya komisi).

Berikut ini tabel perbandingan kemampuan trading “IHSG” Anda dan hasilnya.


Jika kemampuan Anda hanya rata-rata, maka Anda berpeluang untuk memperoleh hasil sebesar 5% saja karena Anda betul 50% dari 126% (50%-nya lagi salah sehingga tidak memperoleh nilai) dan salah sebanyak 50% dari -116% (50%-nya lagi betul namun tidak memperoleh nilai). Kenapa hitungannya seperti itu? Karena Anda tidak dapat melakukan short selling atau menjual terlebih dahulu tanpa mempunyai barang. Sehingga ketika IHSG turun Anda tidak memperoleh apa-apa. Hanya jadi penonton.

Jika kemampuan Anda betul sebesar 60% dan salah 40%, maka nilai Anda adalah 29% karena Anda memperoleh keuntungan sebesar 60% dari 126% dan menderita kekalahan sebesar 40% dari -116%.

Nilai ideal yang harus Anda capai tampaknya adalah 70% betul dan 30% salah untuk mencapai nilai sebesar  53%. Hasil 50% dalam setahun saya kira sudah merupakan angka yang sangat baik. Untuk meningkatkan keuntungan, Anda bisa melakukan leveraging, yaitu meminjam dari pihak lain untuk meningkatkan modal. Misalnya dengan margin.

Sebenarnya, jika kemampuan Anda sudah sebaik itu, pasar saham tidak cocok untuk Anda. Jadi Anda tampaknya lebih baik mencari pasar lain yang memungkinkan Anda untuk melakukan short sehingga Anda bisa mendulang untung dari kenaikan maupun penurunan pasar dan menghasilkan keuntungan berlipat-lipat.


Soal short tampaknya tidak melulu tidak bisa dilakukan karena BEI juga mengenal kondisi short. BEI juga mempunyai daftar-daftar saham yang boleh di-short (?).

Menjadi trader yang terlalu aktif banyak kerugiannya jika kemampuan Anda hanya rata-rata. Jika setiap hari Anda melakukan transaksi jual beli. Atau beli pagi jual sore, maka komisi yang harus Anda bayar, misalnya komisi yang dikenakan kepada Anda adalah beli 0,15% dan jual 0,25% atau total 0,40%, dalam setahun adalah sebesar 0,40%/hari x 240 hari = 96%! Jadi kira-kira Anda setiap hari melakukan transaksi sebesar Rp 200 juta dari modal Rp 100 juta (beli Rp 100 juta dan jual Rp 100 juta). Anda tidak untung dan tidak rugi dari selisih harga dan setiap hari Anda mengisi kembali kekurangan modal Anda karena biaya komisi, maka sampai dengan setahun, Anda akan membayar biaya komisi sebesar Rp 96 juta. Kalau dihitung dari modal awal Anda telah rugi sebesar 96%.

1 komentar:

  1. Untungnya sebagai investor, kita tidak membeli IHSG. :) Tapi membeli saham yang harga pasarnya berada di bawah fair value atau nilai intrinsiknya..

    BalasHapus