Selasa, 28 Oktober 2014

ELSA - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014

Analisis Laporan Keuangan PT Elnusa Tbk (ELSA) Q3 2014

Tahunan (TTM)

Pendapatan tidak banyak mengalami perubahan. Di sisi beban pokok, beban lebih hemat sebesar 3% sehingga laba kotor meningkat sebesar 20%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, beban keuangan dan lain-lain berkurang sebesar 51%  sehingga laba sebelum pajak berlipat sebesar 107%.

Laba bersih kemudian melesat sebesar 135%  dikarenakan beban pajak penghasilan yang meningkat sebesar 53%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk meningkat sebesar 146%. Perusahaan menikmati keuntungan lain-lain yang sebagian besar merupakan keuntungan dari penjualan aset tetap pada periode ini dan juga pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, maka laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan meningkat sebesar 88%.

Rasio GPM meningkat menjadi 16,76% dari 13,93%.

Saldo aset tetap berkurang sebesar 2%.

Hutang finansial menurun sebesar 57%. Beban keuangan menyusut sebesar 88%. Beban keuangan bukan merupakan beban yang berpengaruh besar lagi terhadap laba bersih karena jumlahnya  yang semakin rendah.

Kuartalan

Pendapatan mengalami penurunan sebesar 8%. Di sisi beban pokok, beban lebih hemat sebesar 9% sehingga laba kotor berkurang sebesar 3%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, beban keuangan dan lain-lain menghasilan beban berbanding pendapatan pada periode sebelumnya  sehingga laba sebelum pajak tergerus sebesar 23%.

Laba bersih kemudian terpangkas sebesar 11%  dikarenakan beban pajak penghasilan yang menyusut sebesar 52%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk  turun sebesar 11%. Perusahaan menikmati keuntungan lain-lain pada periode ini dan juga pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, maka laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan meningkat sebesar 28%.

Rasio GPM meningkat menjadi 16,01% dari 15,18%.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar