Senin, 27 Oktober 2014

JSMR - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) Q3 2014

Tahunan (TTM)

Pendapatan usaha menurun  sebesar 8%. Di sisi beban usaha, beban berkurang sebesar 13%  sehingga laba usaha tumbuh sebesar 5%. Laba sebelum pajak turun sebesar 4% karena kombinasi dari beban keuangan dan bagian laba-rugi bersih entitas asosiasi yang meningkat sebesar 24%.

Laba bersih kemudian menyusut sebesar 4%  dikarenakan beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 5%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk  meningkat sebesar 2% karena bagian rugi untuk kepentingan non-pengendali yang meningkat.

Rasio OPM meningkat menjadi 29,82% dari 26,01%.

Saldo aset tidak berwujud berupa hak pengusahaan tol bertambah sebesar 12%. Peningkatan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial menyusut sebesar 2%. Beban keuangan bertambah sebesar 24%. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh besar terhadap laba bersih.

Pengeluaran kas untuk investasi meningkat sebesar 23%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, pengeluaran tersebut setara dengan 17% berbanding 16%.

Kuartalan

Pendapatan menyusut sebesar 9%. Di sisi beban usaha, beban berkurang sebesar 8%  sehingga laba usaha terkikis sebesar 11%. Laba sebelum pajak turun sebesar 21% karena kombinasi dari beban keuangan dan laba-rugi bersih entitas asosiasi yang meningkat.

Laba bersih kemudian turun sebesar 28%  dikarenakan beban pajak penghasilan yang meningkat sebesar 1%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk  terpangkas sebesar 25%.

Rasio OPM berkurang tipis menjadi 33,40% dari 34,25%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar