Jumat, 31 Oktober 2014

ISSP - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk (ISSP) Q3 2014


Tahunan (TTM)

Penjualan meningkat sebesar 13%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 16% sehingga laba kotor terkikis  sebesar 1%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, laba-rugi selisih kurs dan pendapatan-beban lain menyusut sebesar 33% sehingga laba usaha tumbuh sebesar 17%. Di sisi lain, kombinasi dari pendapatan-beban keuangan dan bagian atas laba-rugi entitas asosiasi meningkat sebesar 3% sehingga laba sebelum pajak naik sebesar 26%.

Pada akhirnya laba bersih tumbuh sebesar 34% dikarenakan beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 7%. Perusahaan mendulang keuntungan selisih kurs pada periode ini dan mengalami kerugian selisih kurs pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan naik sebesar 5%.

Rasio GPM menyusut menjadi 15,34% dari 17,56%.

Saldo aset tetap bertambah sebesar 38%. Penambahan ini diharapkan dapat menopang pertumbuhan pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial bertambah sebesar 23%. Beban keuangan meningkat sebesar 4%. Beban keuangan merupakan beban yang  berpengaruh signifikan terhadap laba bersih.

Kuartalan (Q3 2014 vs Q2 2014)

Penjualan tidak banyak mengalami perubahan. Begitu juga dengan beban pokok dan laba kotor. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, laba-rugi selisih kurs dan pendapatan-beban lain menyusut sebesar 26% sehingga laba usaha tumbuh sebesar 15%. Di sisi lain, kombinasi dari pendapatan-beban keuangan dan bagian atas laba-rugi entitas asosiasi meningkat sebesar 17%  sehingga laba sebelum pajak naik sebesar 14%.

Pada akhirnya laba bersih tumbuh sebesar 13% dikarenakan beban pajak penghasilan yang bertambah sebesar 17%. Perusahaan mengalami kerugian selisih kurs pada periode ini dan pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan naik sebesar 45%.

Rasio GPM menyusut tipis menjadi 17,44% dari 17,52%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar