Kamis, 23 Oktober 2014

BTPN - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) Q3 2014

Tahunan

Pendapatan bunga dan syariah meningkat sebesar 14%. Namun beban bunga meningkat jauh lebih besar yaitu sebesar 39% sehingga pendapatan bunga dan syariah bersih tidak banyak mengalami perubahan. Di sisi lain, pendapatan operasional lainnya meningkat sebesar 96%. Beban penyisihan cadangan kerugian penurunan nilai melesat sebesar 52%. Beban operasional lainnya bertambah sebesar 12%. Kombinasi dari pendapatan dan beban-beban tersebut membuat laba operasional harus tergerus sebesar 13%. Di sisi lain beban non-operasional meningkat sebesar 3% sehingga laba sebelum pajak menurun sebesar 13%. 

Laba bersih kemudian tercatat menyusut  sebesar 24% karena beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 30%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk berkurang juga sebesar 24%.

Rasio GPM melemah menjadi 58,01% dari 65,73%.

Dari sisi neraca, kredit yang diberikan mengalami kenaikan sebesar 13%. Simpanan nasabah meningkat sebesar 7%.

Kuartalan

Pendapatan bunga dan syariah tidak banyak mengalami perubahan. Namun beban bunga meningkat sebesar 7% sehingga pendapatan bunga dan syariah bersih terkikis sebesar 6%. Di sisi lain, pendapatan operasional lainnya meningkat sebesar 22%. Beban penyisihan cadangan kerugian penurunan nilai mengembang sebesar 9%. Beban operasional lainnya naik sebesar 2%. Kombinasi dari pendapatan dan beban-beban tersebut membuat laba operasional harus tergerus sebesar 15%. Di sisi lain beban non-operasional berkurang sebesar 21% sehingga laba sebelum pajak menurun sebesar 15%. 

Laba bersih kemudian tercatat menyusut  sebesar 15% karena beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 17%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk berkurang sebesar 16%.

Rasio GPM kembali melemah menjadi 55,01% dari 58,05%.

Dari sisi neraca, kredit yang diberikan mengalami kenaikan sebesar 2%. Simpanan nasabah tidak banyak berubah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar