Selasa, 28 Oktober 2014

MPMX - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014

Analisis Laporan Keuangan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) Q3 2014

Tahunan (TTM)

Pendapatan neto mengalami peningkatan sebesar 18%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 19% sehingga laba kotor meningkat sebesar 14%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha dan lain-lain bertambah sebesar 22%  sehingga laba usaha bertambah sebesar 5%. Kombinasi dari beban keuangan dan laba-rugi entitas asosiasi yang meningkat sebesar 11% menyebabkan laba sebelum pajak tumbuh sebesar 3%.

Laba bersih kemudian mengembang sebesar 9%  dikarenakan beban pajak penghasilan yang menyusut sebesar 10%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk  naik sebesar 8%.

Rasio GPM menyusut menjadi 14,38% dari 14,85%.

Saldo piutang pembiayaan konsumen meningkat sebesar 17%. Saldo aset tetap bertambah sebesar 36%. Peningkatan-peningkatan tersebut tentunya diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial meningkat sebesar 37%. Beban keuangan bertambah sebesar 11%.

Kuartalan

Pendapatan neto mengalami penurunan sebesar 1%. Di sisi beban pokok, beban berkurang sebesar 1% sehingga laba kotor terkikis sebesar 1%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha dan lain-lain bertambah sebesar 4%  sehingga laba usaha tergerus sebesar 8%. Kombinasi dari beban keuangan dan laba-rugi entitas asosiasi yang meningkat sebesar 24% menyebabkan laba sebelum pajak turun sebesar 14%.

Laba bersih kemudian terpangkas sebesar 16%  dikarenakan beban pajak penghasilan yang menyusut sebesar 10%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk  turun sebesar 13%.

Rasio GPM menyusut tipis menjadi 14,07% dari 14,08%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar