Jumat, 26 September 2014

LPPS - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014





Analisis Laporan Keuangan PT Lippo Securities Tbk (LPPS) Q2 2014

Perusahaan merupakan pemegang 20,05% saham LPLI dan 49,19% saham PT Ciptadana Capital. Saham-saham tersebut dicatat sebagai investasi pada entitas asosiasi. Nilai dari investasi pada entitas asosiasi mengambil porsi 92% dari seluruh aset perusahaan dan seluruhnya merupakan nilai dari kedua investasi tersebut. Oleh karena hutang perusahaan sangat minim, otomatis ekuitas perusahaan hampir seluruhnya terdiri dari investasi tersebut.

Laba perusahaan tentunya juga ditentukan oleh laba dari perusahaan-perusahaan asosiasi tersebut. Secara tahunan laba tersebut turun sebesar  72%. Saldo investasi pada perusahaan asosiasi meningkat sebesar 4%.

Oleh karena laba dari LPLI tergantung kepada saham-saham yang dipegangnya, maka otomatis juga akan mempengaruhi laba dari LPPS. Sedangkan laba dari PT Ciptadana Capital tampaknya juga tidak akan jauh dari kenaikan harga saham-saham group Lippo.

Pada harga terakhir (26/9/14) sebesar Rp 228. Rasio PBV LPPS adalah 0,53. Angka yang cukup rendah. Namun karena LPLI lebih terdiskon, jika diharuskan memilih, tampaknya lebih baik memilih LPLI daripada LPPS.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar