Senin, 01 September 2014

RUIS - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Radiant Utama Interinsco Tbk (RUIS) Q2 2014

Perusahaan secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak pertumbuhan pendapatan  sebesar 6%. Di sisi beban pokok, beban naik sebesar 5%  sehingga laba kotor dapat naik sebesar 16%. Di sisi lain, beban usaha meningkat sebesar 14% sehingga laba usaha bertambah sebesar 18%. Kombinasi dari beban keuangan, laba-rugi selisih kurs dan beban lain yang meningkat sebesar 50% menyebabkan laba sebelum pajak tergerus sebesar 20%. Laba bersih kemudian melemah sebesar 37% dikarenakan beban pajak yang meningkat sebesar 9%. Perusahaan menderita kerugian selisih kurs yang signifikan pada periode ini dan juga pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, maka laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan mengembang sebesar 25%.

Secara kuartalan perusahaan mencetak peningkatan pendapatan  sebesar 5%. Di sisi beban pokok, beban naik sebesar 6%  sehingga laba kotor dapat naik tipis sebesar 1%. Di sisi lain, beban usaha berkurang sebesar 22% sehingga laba usaha bertambah sebesar 27%. Kombinasi dari beban keuangan, laba-rugi selisih kurs dan beban lain yang meningkat sebesar 174% menyebabkan laba sebelum pajak tergerus sebesar 41%. Laba bersih kemudian melemah sebesar 37% dikarenakan beban pajak yang menurun sebesar 49%. Perusahaan menderita kerugian selisih kurs yang signifikan pada periode ini dan menikmati keuntungan selisih kurs pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, maka laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan mengembang sebesar 48%.

Secara tahunan rasio GPM meningkat tipis menjadi 15,73% dari 14,40%. Secara kuartalan rasio menyusut menjadi 13,87% dari 14,44%.

Saldo aset tetap secara tahunan meningkat sebesar 23%. Peningkatan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial perusahaan secara tahunan meningkat sebesar 25%. Beban keuangan bertambah sebesar 19%. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh signifikan terhadap laba bersih perusahaan.

Rasio DER tahunan perusahaan termasuk cukup tinggi di level 423% berbanding 371% pada periode sebelumnya.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan meningkat sebesar 21%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar adalah setara dengan 18% berbanding 18% juga pada periode sebelumnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar