Sabtu, 20 September 2014

MERK - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Merck Tbk (MERK) Q2 2014

Tahunan

Perusahaan mencetak kenaikan penjualan sebesar 10%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 11% sehingga laba kotor meningkat  sebesar 8%. Di sisi beban usaha, laba penjualan aset, laba-rugi selisih dan lainnya meningkat sebesar 9% sehingga laba usaha tumbuh sebesar 6%. Di sisi lain, pendapatan keuangan meningkat sebesar 92% sehingga laba sebelum pajak tumbuh sebesar 7%. Pada akhirnya laba bersih naik sebesar 8% karena pajak penghasilan yang bertambah sebesar 4%.

Rasio GPM menyusut  menjadi 44,17% dari 44,99%.

Saldo aset tetap bertambah sebesar 5%. Penambahan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Perusahaan tidak mempunyai hutang finansial dan secara neto menikmati pendapatan bunga.

Pengeluaran kas untuk investasi meningkat sebesar 8%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, pengeluaran tersebut setara dengan 15% berbanding 15% pada periode sebelumnya.

Kuartalan

Perusahaan mencetak kenaikan penjualan sebesar 1%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 14% sehingga laba kotor tergerus  sebesar 14%. Di sisi beban usaha, laba penjualan aset, laba-rugi selisih dan lainnya meningkat sebesar 8% sehingga laba usaha terperosok sebesar 35%. Di sisi lain, pendapatan keuangan berkurang sebesar 43% sehingga laba sebelum pajak terpangkas sebesar 35%. Pada akhirnya laba bersih terpangkas juga sebesar 35% karena pajak penghasilan yang berkurang sebesar 35%. Meskipun menurun jauh, laba bersih ini masih setara dengan rata-rata laba bersih kuartalan sepanjang tahun.

Rasio GPM menyusut menjadi 41,03% dari 48,07%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar