Rabu, 10 September 2014

MSKY - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT MNC Sky Vison Tbk (MSKY) Q2 2014

Tahunan

Perusahaan mencetak kenaikan pendapatan sebesar 15%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 33% sehingga laba kotor terpangkas  sebesar 38%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, beban keuangan, laba-rugi selisih kurs, pendapatan dan beban usaha lain meningkat sebesar 110% sehingga perusahaan menelan kerugian sebelum pajak berbanding laba sebelum pajak pada periode sebelumnya. Perusahaan menderita kerugian selisih kurs yang signifikan pada periode ini dan juga pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, perusahaan akan mengalami rugi bersih berbanding laba bersih pada periode sebelumnya.

Rasio GPM menyusut menjadi 13,57% dari 25,30%%. Penurunan yang sangat besar tentunya.

Saldo aset tetap bertambah sebesar 17%. Peningkatan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Saldo hutang finansial meningkat sebesar 64%. Beban keuangan berkurang sebesar 27%. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh besar terhadap laba bersih perusahaan.

Pengeluaran kas untuk investasi mengalami penyusutan sebesar 33%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, pengeluaran tersebut setara dengan 26% berbanding 45% pada periode sebelumnya.

Kuartalan

Perusahaan mencetak kenaikan pendapatan sebesar 3%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 10% sehingga laba kotor terpangkas  sebesar 40%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, beban keuangan, pendapatan dan beban usaha lain meningkat signifikan sehingga perusahaan mengalami rugi sebelum pajak berbanding laba sebelum pajak pada periode sebelumnya. Perusahaan menderita kerugian selisih kurs yang signifikan pada periode ini dan mendulang keuntungan selisih kurs yang signifikan pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, perusahaan akan mengalami rugi bersih berbanding laba bersih pada periode sebelumnya.


Rasio GPM berkurang menjadi 7,40% dari 12,85%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar