Selasa, 23 September 2014

RANC - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) Q2 2014

Tahunan

Perusahaan mencetak kenaikan pendapatan sebesar 22%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 22% juga sehingga laba kotor meningkat  sebesar 22%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, beban keuangan, laba-rugi selisih dan pendapatan-beban lain meningkat sebesar 33% sehingga laba sebelum pajak terpangkas sebesar 43%. Pada akhirnya perusahaan mendulang laba bersih yang menurun sebesar 46%. Bagian rugi untuk kepentingan non-pengendali yang lebih besar menyebabkan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk melemah sebesar 34%.

Rasio GPM nyaris tidak berubah di angka 26,15% berbanding 26,16%.

Rasio GPM sebenarnya tampil dengan baik. Sayangnya kenaikan penjualan masih belum cukup tinggi sehingga belum mampu menghasilkan laba bersih yang optimal.

Saldo aset tetap bertambah signifikan sebesar 76%. Dengan adanya penambahan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial mengalami kenaikan sebesar 32%. Beban keuangan bertambah sebesar 484%. Beban keuangan sudah merupakan beban yang berpengaruh signifikan terhadap laba bersih.

Pengeluaran kas untuk investasi meningkat sebesar 138%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, pengeluaran tersebut setara dengan 40% berbanding 27% pada periode sebelumnya.

Kuartalan

Perusahaan mencetak penurunan penjualan sebesar 3%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 2% sehingga laba kotor meningkat  sebesar 7%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, beban keuangan, laba-rugi selisih dan pendapatan-beban lain meningkat sebesar 13% sehingga laba sebelum pajak melorot sebesar 83%. Pada akhirnya perusahaan mendulang laba bersih tipis dengan penurunan sebesar 84%. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk kemudian terpangkas sebesar 64%.

Rasio GPM meningkat menjadi 26,50% dari 25,55%.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar