Sabtu, 02 Agustus 2014

CMNP - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) Q2 2014

Perusahaan secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak kenaikan pendapatan yang cukup baik yaitu sebesar 12%. Di sisi lain beban pokok meningkat sebesar 44% sehingga laba kotor menguat tipis sebesar 1%. Beban usaha dan beban lainnya mengempis sebesar 13% sehingga laba sebelum pajak menebal sebesar 6%.  Laba bersih pada akhirnya meningkat sebesar 8% karena beban pajak penghasilan yang stagnan. Jika disesuaikan, pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan mengembang sebesar 11%.

Secara kuartalan perusahaan mencetak kenaikan pendapatan sebesar 11%. Di sisi lain beban pokok meningkat tinggi yaitu sebesar 43% sehingga laba kotor berkurang sebesar 3%. Beban usaha dan beban lainnya yang lebih tinggi menyebabkan laba sebelum pajak merosot dalam sebesar 26%. Jika disesuaikan, pada akhirnya laba bersih disesuaikan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan melemah sebesar 26%.

Secara tahunan rasio GPM menyusut menjadi 65,52% dari 73,12%. Secara kuartalan rasio melemah lagi menjadi 59,92% dari 68,74%.

Secara tahunan saldo aset tetap meningkat sebesar 59% sedangkan saldo hak pengusahaan jalan tol mengempis sebesar 3%. Peningkatan pada aset tetap ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial secara tahunan menipis sebesar 5%. Namun, beban keuangan secara tahunan melesat tinggi. Beban keuangan merupakan beban yang cukup berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan meningkat sebesar 73%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, pengeluaran tersebut adalah berjumlah 7%.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar