Rabu, 23 Juli 2014

AALI - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014


Analisis Laporan Keuangan AALI Q2 2014

PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mengukir kinerja pendapatan yang sangat memuaskan karena naik sebesar 33%.  Kenaikan yang sedikit lebih tinggi pada beban pokok menyebabkan laba kotor hanya naik sebesar 27%.  Pada akhirnya laba bersih (disesuaikan) yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik sebesar 24%.

Secara kuartalan pendapatan naik sebesar 15%. Beban pokok sendiri naik sebesar 19% sehingga laba kotor hanya naik sebesar 6%. Pada akhirnya laba bersih (disesuaikan) yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik sebesar 4%.

Secara tahunan rasio GPM turun menjadi 33,70% dari 35,19% dan secara kuartalan masih juga menurun menjadi 30% dari 32,45%.

Pengeluaran untuk investasi perusahaan masih cukup tinggi. Aset tetap secara tahunan naik sebesar 35%. Saldo tanaman perkebunan menghasilkan naik sebesar 30% sedangkan saldo tanaman belum menghasilkan turun sebesar 16%. Kenaikan pada aset tetap dan tanaman menghasilkan diharapkan dapat menopang pendapatan jangan panjang perusahaan.

Untuk memenuhi kebutuhan pendanaan, perusahaan menambah hutang finansial yang secara tahunan tercatat melesat sebesar 54%. Beban keuangan tahunan juga mencatat kenaikan signifikan yaitu sebesar 132%. Beban keuangan belum merupakan beban yang berpengaruh besar terhadap laba perusahaan.

Rasio DER perusahaan masih relatif rendah dan berada pada level 56%.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar