Jumat, 11 Juli 2014

SIMP - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) sampai dengan Q1 2014 mencatat kinerja tahunan yang kurang baik. Penjualan yang terkikis dan ditambah dengan margin laba kotor yang sedikit lebih buruk pada akhirnya laba kotor turun. Ditambah dengan kenaikan beban keuangan, pada akhirnya laba bersih menurun cukup besar.

Secara kuartalan penjualan juga menurun. Margin laba kotor juga menurun. Pada akhirnya laba bersih menurun signifikan. Namun jumlah laba bersih tersebut masih lebih besar daripada rata-rata laba bersih setahun terakhir

Secara tahunan produksi TBS inti mengalami stagnasi. Produksi CPO sendiri turun sedikit.

Secara kuartalan, kinerja produksi cukup buruk karena baik produksi TBS inti maupun CPO mengalami kemunduran yang besar.

Perusahaan cukup agresif dalam melakukan investasi terlihat dari pengeluaran kas untuk investasi yang cukup besar dan secara tahunan masih meningkat sedikit.

Saldo aset tetap meningkat lumayan. Saldo tanaman menghasilkan bertambah sedikit. Sedangkan saldo tanaman belum menghasilkan meningkat cukup signifikan.

Dalam satuan luas, secara tahunan tanaman sawit menghasilkan bertambah 3% dan begitu juga dengan tanaman sawit belum menghasilkan.

Hutang finansial secara tahunan meningkat lumayan. Beban keuangan pun membengkak signifikan. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh besar terhadap laba perusahaan.

Laba yang dihasilkan oleh perusahaan tampaknya cukup kecil terlihat dari rasio ROE yang cukup rendah. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar