Selasa, 22 Juli 2014

APLN - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014


Analisis Laporan Keuangan APLN Q2 2014
 
PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) sampai dengan Q2 2014 mencetak kinerja pendapatan tahunan yang nyaris tidak berubah karena turun 1%. Laba kotornya juga stagnan. Namun ada kenaikan pada beban usaha dan beban keuangan sehingga pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk turun sebesar 8%.

Secara kuartalan kinerja pendapatan menurun sedikit sebesar 3%. Tekanan dari beban pokok yang jauh lebih  besar menyebabkan laba kotor kali ini terjerembab cukup dalam. Ditambah dengan kenaikan beban usaha dan beban keuangan, pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk terjungkal 80%.

Secara tahunan persediaan lancar aset real estat melesat tinggi sebesar 83%. Kenaikan pesat ini diharapkan dapat melancarkan penerimaan pendapatan pada masa-masa yang akan datang.

Uang muka dari pelanggan dan pendapatan diterima di muka secara tahunan masih meningkat sehingga soliditas pendapatan perusahaan seharusnya masih terjaga. Secara kuartalan juga masih meningkat sedikit. Kas masuk dari pelanggan secara tahunan juga masih masih meningkat sebesar 13% dan secara kuartalan juga masih meningkat yaitu sebesar 28%. Ini tentunya catatan-catatan yang baik sekali.

Secara tahunan hutang finansial perusahaan jauh membengkak yaitu sebesar 57% dan secara kuartalan juga masih meningkat. Tampaknya perusahaan masih tetap agresif dalam pengeluaran investasi.

Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh  besar terhadap laba bersih perusahaan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar