Selasa, 29 Juli 2014

BBKP - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014


Analisis Laporan Keuangan BBKP Q2 2014
 
PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) secara tahunan mencatat pertumbuhan pendapatan bunga dan syariah yang baik yaitu sebesar 16%. Namun tingginya beban bunga dan syariah menekan perolehan bunga sehingga pendapatan bunga dan syariah bersih hanya naik tipis sebesar 1%. Pada sisi laba operasi terjadi pertumbuhan sebesar 1% juga. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik tipis sebesar 3%.

Secara kuartalan, BBKP mencatat pertumbuhan pendapatan bunga dan syariah yang sangat baik yaitu sebesar 7%. Namun tingginya beban bunga dan syariah menekan perolehan bunga sehingga pendapatan bunga dan syariah bersih justru melorot sebesar 2%. Pada sisi laba operasi terjadi pertumbuhan sebesar 1%. Adanya kenaikan pada pendapatan nonoperasional pada akhirnya menyebabkan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik sebesar 10%.

Untuk posisi keuangan, pinjaman yang diberikan secara tahunan tercatat naik sebesar 10%. Aset naik sebesar 3% dan simpanan nasabah naik pelan sebesar 4%.

Secara kuartalan, pinjaman yang diberikan tersebut tumbuh sebesar 4%. Aset berubah sedikit dengan naik tipis sebesar 1% dan simpanan nasabah tumbuh 3%.

Rasio GPM secara tahunan mengalami penurunan lumayan menjadi 38,99% dari semula 44,89%. Begitu juga secara kuartalan mengalami pemburukan menjadi 35,05% dari 38,38%.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar