Kamis, 31 Juli 2014

INTP - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014


Analisis Laporan Keuangan INTP Q2 2014

PT Indocement Tunggal Prakars Tbk (INTP) secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak kenaikan pendapatan yang moderat yaitu sebesar 7%. Di sisi lain beban pokok meningkat sebesar 14% sehingga laba kotor menipis sebesar 1%. Beban usaha dan beban lainnya meningkat sebesar 12% sehingga laba usaha tergelincir sebesar 6%.  Naiknya pendapatan keuangan banyak berpengaruh pada laba sebelum pajak sehingga laba sebelum pajak menipis hanya sebesar 1%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk menguat tipis 1% karena pengaruh beban pajak penghasilan yang lebih rendah.

Secara kuartalan perusahaan mencetak kenaikan pendapatan sebesar 11%. Di sisi lain beban pokok meningkat juga yaitu sebesar 9% sehingga laba kotor bertambah sebesar 13%. Beban usaha dan beban lainnya yang lebih rendah menyebabkan laba usaha meningkat lebih tinggi sehingga dapat naik sebesar 28%.  Pendapatan keuangan tidak banyak berubah sehingga laba sebelum pajak naik sebesar 23%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk menguat 22%.
Secara tahunan rasio GPM menyusut menjadi 44,80% dari 48,31%. Secara kuartalan rasio menguat tipis menjadi 44,71% dari 43,76%.

Secara tahunan saldo aset tetap meningkat sebesar 20%. Peningkatan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Perusahaan secara neto mencatat pendapatan keuangan. Rasio DER juga rendah di angka 30%.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan meningkat sebesar 52%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, pengeluaran tersebut adalah berjumlah 19%.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar