Sabtu, 12 Juli 2014

BJBR - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) mencetak kinerja tahunan sampai dengan Q1 2014 yang cukup baik. Pendapatan bunga bersih dan syariah meningkat lumayan bagus. Namun tingginya beban penyisihan cadangan kerugian penurunan nilai aset keuangan dan non-keuangan dan beban operasional lainnya banyak menguras laba sehingga laba bersih pada akhirnya hanya naik sedikit.

Secara kuartalan pendapatan bunga dan syariah bersih menurun yang banyak disebabkan oleh naiknya beban bunga dan syariah padahal pendapatannya menurun. Jauh lebih rendahnya beban penyisihan cadangan kerugian penurunan nilai menyebabkan laba bersih meningkat lumayan. Namun laba bersih tersebut masih lebih rendah dari rata-rata laba bersih kuartalan setahun terakhir.

Margin laba kotor secara tahunan berhasil dijaga dengan sangat baik. Namun secara kuartalan margin laba kotor menurun.

Secara tahunan kredit yang diberikan meningkat dengan baik. Secara kuartalan kredit tersebut tidak banyak peningkatan.

Simpanan nasabah secara tahunan meningkat pesat. Secara kuartalan saldo tersebut juga naik besar. Perusahaan banyak memperoleh simpanan dari pihak berelasi yang secara tahunan menurun namun secara kuartalan naik pesat.

Kenaikan pesat pada simpanan nasabah secara kuartalan yang tanpa diiringi kenaikan kredit ditengarai menyebabkan beban dana yang meningkat.

Secara tahunan dalam garis besar kinerja keseluruhan dan posisi keuangan sebenarnya cukup memuaskan. Sayangnya kepercayaan investor kurang baik terhadap manajemen emiten ini sehingga akhir-akhir ini harga sahamnya masih berkutat dalam level bawah dan relatif murah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar