Selasa, 29 Juli 2014

BJTM - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014


Analisis Laporan Keuangan Q2 2014 BJTM

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) mencatat kinerja keuangan tahunan yang sangat baik sampai dengan Q2 2014. Secara kuartalan, kinerja pendapatan juga masih naik namun sayangnya laba bersih terperosok.

Pendapatan bunga kotor dan syariah  secara tahunan tercatat naik sebesar 22% sedangkan pendapatan bunga dan syariah bersih bertambah sebesar 25%. Laba operasional tumbuh lebih kecil yaitu sebesar 13% karena tingginya tekanan dari beban operasional lainnya dan beban penyisihan cadangan kerugian penurunan nilai.  Pada akhirnya laba bersih meningkat sebesar 15%.
Secara kuartalan, pendapatan bunga kotor dan syariah naik sebesar 2%. Beratnya beban bunga dan syariah yang meningkat sebesar 28% menyebabkan pendapatan bunga dan syariah bersih tergerus sebesar 6%. Laba operasional kemudian melemah sebesar 22% karena tingginya kenaikan pada beban operasional lainnya dan beban penyisihan kerugian penurunan nilai.  Pada akhirnya laba bersih tercatat terjungkal sebesar  26%.

Untuk posisi keuangan, kredit yang diberikan secara tahunan tercatat tumbuh sebesar  20%.  Aset naik sebesar 25%. Simpanan nasabah bertambah sebesar 29%.

Secara kuartalan, kredit yang diberikan tersebut naik sebesar 9%. Aset berkembang sebesar 19% dan simpanan nasabah mengembang sebesar 26%.

Naik turunnya simpanan nasabah ternyata sangat tergantung kepada simpanan pihak berelasi yang mana secara tahunan naik sebesar 197% dan secara kuartalan jumlah tersebut naik sebesar 58%.

Rasio GPM tahunan mengalami pertambahan menjadi 72,93% dari semula 71,12%. Secara kuartalan rasio GPM tidak dapat dipertahankan lagi dan turun menjadi 69,65% berbanding 75,73%.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar