Kamis, 24 Juli 2014

UNTR - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014


Analisis Laporan Keuangan UNTR Q2 2014

PT United Tractors Tbk (UNTR) secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak kinerja pendapatan yang cukup baik dengan kenaikan sebesar 7%. Beban pokok juga meningkat namun lebih kecil yaitu hanya sebesar 4%  sehingga laba kotor dapat meningkat sebesar 18%. Beban usaha yang meningkat lebih rendah membantu dalam meningkatkan laba usaha sehingga laba usaha meningkat sebesar 21%. Pada akhirnya laba bersih disesuaikan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk meningkat juga sebesar 21%.

Secara kuartalan kinerja pendapatan kurang baik karena menurun tipis sebesar 2%. Beban pokok menurun lebih besar yaitu sebesar 4%  sehingga laba kotor dapat meningkat sebesar 4%. Beban usaha yang lebih rendah membantu dalam meningkatkan laba usaha sehingga laba usaha meningkat sebesar 12%. Perusahaan menikmati laba selisih kurs dan laba dari penjualan aset tetap. Jika kedua laba tersebut dikeluarkan dari perhitungan laba bersih, maka laba bersih disesuaikan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan berkurang sebesar 2%.

Secara tahunan rasio GPM meningkat menjadi 20,43% dari sebelumnya 18,48%. Secara kuartalan rasio GPM juga masih meningkat menjadi 21,48% dari 20,20%.

Secara tahunan aset tetap mengalami penyusutan sebesar 3%. Saldo properti pertambangan meningkat sebesar 10%. Peningkatan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Secara tahunan hutang finansial mengalami penurunan sebesar 25%. Perusahaan secara neto mencatat pendapatan keuangan daripada setahun sebelumnya yang menderita beban keuangan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar