Rabu, 23 Juli 2014

PWON - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014


Analisis Laporan Keuangan PWON Q2 2014

PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak kinerja pendapatan yang sangat baik karena naik sebesar 20%.  Laba kotor melesat lebih tinggi karena margin yang lebih baik dan naik sebesar 26%.  Laba sebelum pajak mampu naik sebesar 29% dan laba bersih (disesuaikan) yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mampu naik kencang sebesar 34%.

Secara kuartalan kinerja pendapatan sangat cemerlang karena mampu naik sebesar 28%. Margin yang semakin tebal melesatkan laba kotor sehingga naik sebesar 43%. Laba sebelum pajak mampu naik sebesar 27%. Pada akhirnya laba bersih (disesuaikan) yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk melambung sebesar 46%.

Kenaikan pesat laba kotor secara kuartalan banyak disumbangkan oleh segmen penjualan tanah dan bangunan yang melambung lebih dari 200% dengan margin yang sangat tinggi. Diperkirakan penjualan setinggi ini tidak akan berulang pada kuartal selanjutnya.

Secara tahunan, rasio GPM meningkat menjadi 60,28% dari 57,40% dan secara kuartalan meningkat menjadi 64,67% dari 57,94%.

Secara tahunan saldo persediaan lancar meningkat dan begitu juga secara kuartalan. Properti investasi secara tahunan juga meningkat dan secara kuartalan sedikit stagnan. Peningkatan properti investasi diharapkan dapat terus menopang pendapatan berulang pada masa-masa yang akan datang.

Secara tahunan hutang finansial menurun. Beban keuangan juga menurut banyak. Beban keuangan bukan merupakan beban yang berpengaruh signifikan terhadap laba bersih perusahaan.

Secara tahunan uang muka yang diterima dari pelanggan meningkat sebesar 13% dan secara kuartalan menurun sebesar 12%. Secara tahunan kas masuk dari pelanggan meningkat sebesar 13% dan secara kuartalan meningkat sebesar 5%. Perusahaan tampaknya harus bekerja lebih keras lagi untuk meningaktkan pemasaran propertinya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar