Jumat, 18 Juli 2014

Perbandingan Bank BPD

Ada dua emiten yang tercatat di BEI yang merupakan Bank Pembangunan Daerah (BPD), yaitu BJBR dan BJTM.

Manakah yang mempunyai kinerja yang lebih baik?

Berikut ini adalah perbandingan kinerja tahunan sampai dengan Q1 2014 kedua emiten tersebut berikut perbandingan kinerja kuartalan Q1 2014 dengan Q1 2013.


Secara tahunan, dari sisi pendapatan kotor, laba kotor, maupun laba bersih BJBR mencatat angka yang jauh lebih tinggi daripada BJTM. Namun dari sisi pertumbuhan pendapatan dan laba bersih BJTM masih lebih unggul.

Aset BJBR lebih besar lebih dari satu kali dari aset BJTM. Pertumbuhan asetnya juga lebih baik.

Tentunya BJBR juga memiliki kredit yang lebih besar dan begitu juga dengan simpanan nasabah. Pertumbuhan kredit BJBR dan BJTM adalah sama. Sedangkan pertumbuhan simpanan nasabah, BJBR lebih unggul.

Dari sisi rasio GPM, baru mulai kelihatan mana yang lebih baik dan mana yang lebih jelek. BJTM mencatat rasio GPM yang jauh lebih baik daripada BJBR. Begitu juga dengan rasio NPM-nya.

Dari sisi pertumbuhan rasio GPM, BJTM juga unggul dan begitu juga dengan rasio NPM.

Rasio ROE BJBR masih lebih tinggi daripada BJTM namun pertumbuhan rasio ini BJTM lebih unggul.

Secara kuartalan, apabila dibandingkan antara Q1 2014 dengan Q1 2013, kinerja terlihat sangat berbeda karena BJTM jauh lebih unggul dengan pertumbuhan yang sangat baik.

Jika dilihat dari pertumbuhan rasio GPM, BJTM juga masih mencatat pertumbuhan tipis sedangkan BJBR mencatat kemunduran besar. Pertumbuhan rasio NPM BJTM juga sangat memuaskan daripada BJBR yang mencatat pertumbuhan minus

Kesimpulan

Oleh karena kinerja yang sangat cemerlang dari BJTM, maka biarpun mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dariapda BJBR, tampaknya kita dapat memberikan valuasi PBV yang lebih kurang sama antara BJBR dan BJTM. Jika menilik dari perkembangan harga sekarang sesuai dengan book value terakhir, BJTM terlihat masih ketinggalan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar