Sabtu, 12 Juli 2014

HERO - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Hero Supermarket Tbk (HERO) sampai dengan Q1 2014 mencetak kinerja keuangan yang cukup baik. Margin laba kotor sepanjang tahun masih dapat dipertahankan dengan baik.

Secara kuartalan pendapatan masih meningkat. Namun turunnya margin laba kotor menyebabkan laba kotor menurun. Adanya pendapatan lain berupa keuntungan dari penjualan aset tetap perusahaan di kuartal sebelumnya menyebabkan laba bersih terlihat turun signifikan. Apabila keuntungan tersebut dikeluarkan dari perhitungan laba bersih maka laba bersih disesuaikan akan turun mendekati 50%.

Laba perusahaan termasuk cukup rendah terlihat dari rasio ROE yang rendah. Perusahaan banyak melakukan penambahan investasi terlihat dari aset tetap yang secara tahunan meningkat tajam. Persediaan secara tahunan juga meningkat pesat yang menunjukkn adanya peningkatan pada luasan ruang penjualan dan gudang. Adanya peningkatan investasi tersebut diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang sehingga diharapkan laba bersih dapat maksimal.

Manajemen perusahaan adalah sangat konservatif dalam berhutang terlihat dari tidak adanya hutang finansial pada posisi terakhir.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar